ANALISIS GENDER TERHADAP PERSONAL COMPUTER: SURVEY PADA DOSEN AKUNTANSI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Achmad Tjahjono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada perbedaan dalam penggunaan komputer pada dosen akuntansi pria dan wanita. Sampel penelitian adalah dosen akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kuesioner yang dikirim kepada responden sebanyak 200 lembar, dimana jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 122 lembar. Dari jumlah kuesioner yang kembali terdapat 2 lembar kuesioner yang yang tidak dapat dioleh, sehingga yang dapat diolah lebih lanjut adalah 120 lembar atau tingkat kembaliannya sebesar 61 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam hipotesis yang diajukan semuanya diterima. Ini terjadi karena hasil uji Independent Sample T-Testnya menunjukkan bahwa sig (2tailed) dari setiap variabel > 0,05. Hal ini berarti tidak ada perbedaan penggunaan PC antara dosen akuntansi pria dan wanita apabila dilihat dari faktor pengaruh komputer, kerumitan/ kompleksitas, kecocokan pekerjaan, konsekuensi jangka panjang, kondisi yang memudahkan dan faktor utilization. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan masukan untuk continuous improvment bagi pengelola Perguruan Tinggi Ekonomi untuk mengembangkan proses belajar mengajar berbasis teknologi informasi.Keywords: Gender, personal computer, kerumitan/kompleksitas, faktor pengaruh komputer, kecocokan pekerjaan, penggunaan komputer.

Full Text:

PDF

References


Broadfoot, P. (1998). Quality Standards and Control in Higher Education: what Price Life-Long Learning. International Studies in Sociology of Education, Vol. 8, No. 2, pp. 155-180

Doost, Roger K. (1999). “The Missing Link in Accounting Educationâ€. Managerial Auditing Journal (Vol 14): pp 93-114

Edwards, Pam, Mahmoud Ezzamel dan Keith Robson. (1999). “Connecting Accounting and Education in The UK: Discoursees and Rationalities of Education Reformâ€. Critical Perspective on Accounting (Vol 10): pp469-500

Geiger, Marshall A., dan Elizabeth A. Cooper. (1996). “Cross-Cultural Comparisons Using Expectancy Theory to Assess Student Motivationâ€. Issues in Accounting Education (Vol 22):pp113-130

Harry Suharto,(2000) “Upaya Mensetarakan Profesi Akuntansi di ASEANâ€, Media Akuntansi, No.15/ ThVII, halaman: 30- 31

Seopomo, Bamdang dan Indriantoro, Nur (2000), Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi 1, Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hanno, Dennis M., dan Robert M. Turner. (1996). “The Changing Face of Accounting Educationâ€.Massachussets CPA Review (Vol 70):pp 8-13

“Kemampuan Yang Diperlukan Akuntan†(1998), Media Akuntansi No. 27/Th V/ Juni

Levy, Frank dan Richard J. Murnane. (1996). “With What Skills are Computers a Complement?†American Economic Review (Vol. 86):pp258-263

Paimpo/Tommy, (2000)â€IICG Tukang Tuntun Entitasâ€, Media Akuntansi, No.12/ Th VII, Agustus, halaman: 15-16

Paimpo,(2000) “Peluang Baru Jasa Akuntanâ€, Media Akuntansi, No.12/Th VII Agustus, halaman 1718

Saudagaran, Shahrokh M. (1996). “The First Course in Accounting: An Innovative Approachâ€.Issues in Accounting Education (Vol 11):pp83-95

Setiono, “Perubahan Peran Akuntan,†Media Akuntansi, (Mei 1998) hal. 16

Sugiyono, (2004) Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.

Thompson, Ronald L, Higgins, Christopher A dan Howell, Jane M. “Influence of Experience on Personal Computer Utilization: Testing a Conceptual Model.†Journal of Management Information Systems (1994): hal 167-187

Tjahjono, Achmad (2005). “Pengaruh Pengalaman Terhadap Penggunaan Personal Komputer: Studi pada Dosen Ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta.†Laporan Hasil Penelitian.

Yanto, Sri, “Akuntan Seperti Apa yang Dibutuhkan Dunia Bisnis?.†Media Akuntansi, (September 1997) hal. 49




DOI: https://doi.org/10.35591/wahana.v13i2.44

Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 2685-1415 (Online) | 1410-8224 (Print)
Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik YKPN Yogyakarta.
Jl. Gagak Rimang No. 2-4 Balapan, Yogyakarta 55222
Phone (0274) 560159, 562317, 513413, 563516 Fax. (0274) 561591 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.