Analisis Kesulitan Belajar MYOB Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Herlina Oka Pratama, Supri Wahyudi Utomo, Elana Era Yusdita

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find out internal and external factors as well as an understanding of basic accounting and English vocabulary which is why students have difficulty learning MYOB. This research was conducted in the Accounting Education Department at one of the Universities in Madiun in 2019 using descriptive qualitative methods. The results showed (1) internal factors include: intelligence factors, interests, talents, maturity, spiritual fatigue, concentration of learning, exploring learning outcomes and learning habits, (2) external factors include: discipline, time to study, mass media, friends, (3) lack of understanding of basic accounting, (4) lack of understanding of English vocabulary causes accounting education students to have difficulty learning MYOB.

Keywords : Learning Difficulties, MYOB Accounting, Understanding MYOB, Accounting Education

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta pemahaman akuntansi dasar dan kosakata bahasa Inggris yang menjadi penyebab mahasiswa mengalami kesulitan belajar MYOB. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi pendidikan Akuntansi pada salah satu Universitas di Madiun pada tahun 2019 menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor internal meliputi: faktor intelegensi, minat, bakat, kematangan, kelelahan rohani, konsentrasi belajar, menggali hasil belajar dan kebiasaan belajar, (2) faktor eksternal meliputi: disiplin, waktu belajar, mass media, teman bergaul, (3) kurangnya pemahaman akuntansi dasar, (4) kurangnya pemahaman kosakata bahasa Inggris menyebabkan mahasiswa Pendidikan Akuntansi mengalami kesulitan belajar MYOB.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar; MYOB Accounting; Pemahaman MYOB; Pendidikan Akuntansi

Keywords


Kesulitan Belajar; MYOB Accounting; Pemahaman MYOB; Pendidikan Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.

Anggresta, V. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Journal of Economic and Economic Education, 4(1), 19–29.

Astuti, E. 2016. Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis – MYOB Accounting V 19.6. Bogor: Penerbit In Media.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. bandung: alfabeta.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. 2015. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Daya Pemahaman Materi pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 30–33.

Fadilah, & Hasby. 2017. Analisis Faktor Internal yang Mempengaruhi Hasil Studi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Samudra. Prosiding Seminar Nasional MIPA III, 373–377.

Frenita, A., Sulistyarini, & Khosmas, F. Y. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(7), 1–11.

Haqiqi, A. K. 2018. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37–43.

Herawati, I., & Widiastuti, Y. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Journal of Accounting and Business Education, 1(3), 1–13.

Herman, Witarsa, & Achmadi. 2016. Analisis Kesulitan Belajar MYOB Accounting dalam Pembelajaran Komputer Akuntansi Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(4).

Ixganda, O., & Suwahyo. 2015. Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Chassis dan Pemindah Daya Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 103–108.

Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.

Kristinova, M., Sowinangun, S., & Aminuyati. 2013. Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII A SMP Negeri 3 Sekayam Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan Dan Pelajaran, 2(3), 1–8.

Nursari, F., Adi, W., & Jaryanto. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Ponorogo. Jurnal Pendidikan UNS, 1(3), 106–117.

Pradhana, D. Y., & Latifah, L. 2013. Pengaruh Kosa Kata Bahasa Inggris, Dasar Komputer dan Akuntansi terhadap Prestasi Belajar MYOB. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 75–84.

Pratiwi, A. T., Achmadi, & Okiana. 2017. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Mata Kuliah Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 3–15.

Siregar, E., Hara, H., & Jamludin. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyanti, L. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.

Sulistyorini, D. 2016. Motivasi dan Lingkungan Teman Bergaul sebagai Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi DIII Kebidanan Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Medsains, 3(1), 5–10.

Warsiyanti, & Suprihatin, S. E. Y. 2017. Identikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pembuatan Saku Passepoille Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana SMK N 1 Sewon. Jurnal Pendidikan Teknik Busana, 6(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.35591/wahana.v23i1.166

Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 2685-1415 (Online) | 1410-8224 (Print)
Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta.
Jl. Gagak Rimang No. 2-4 Balapan, Kotak Pos 6417 YKGK 
Phone (0274) 560159, 562317, 513413, 563516 Fax. (0274) 561591 
Yogyakarta 55222

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.